Latest News

Jatuh Cinta, Adakah Manfaatnya??


Jatuh cinta berjuta rasanya. Pernyataan itu pasti pernah Anda dengar. Namun tahukah Anda bahwa jatuh cinta ternyata memiliki efek positif bagi kesehatan Anda? Berikut adalah beberapa pengaruh cinta terhadap kesehatan Anda seperti dilansir match.com:

1. Jatuh cinta membuat Anda langsing
Pernah memperhatikan bahwa Anda dengan mudah menolak tawaran es krim saat Anda jatuh cinta? Atau Anda mulai berhenti ngemil? 
Selain hal itu terjadi karena Anda banyak menghabiskan waktu dengan kekasih ternyata saat jatuh cinta tubuh Anda juga mengeluarkan sebuah neurotransmiter yang bernama norepinephrine.
Neurotransmiter itu menghasilkan adrenalin yang menurunkan nafsu makan Anda.
"Hal itu menjelaskan mengapa sebagian besar orang mengalami penurunan berat badan saat mereka mulai pacaran," ujar Helen Fisher penulis buku Why We Love: The Nature and Chemistry of Romantic Love 
Selain itu, jatuh cinta juga memicu Anda untuk lebih banyak berolahraga agar Anda bisa merasa tampil fit dan apik untuk kekasih Anda.

2. Jatuh cinta memperbaiki daya ingat Anda
Jika Anda yang selama ini sulit mengingat nama kenalan Anda namun dengan mudah mengingat nama sahabat kekasih Anda saat dia masih duduk di sekolah dasar, Anda tidak usah heran. 
Ilmuwan di Universitas Pavia, Italia menemukan bahwa jatuh cinta menigkatkan tingkat hormon yang meningkatkan daya ingat dengan membentuk sel otak baru.
"Area otak yang menyimpan memori menjadi aktif saat Anda jatuh cinta. Dari sudut pandang evolusi, kita harus mengingat kebaikan pasangan kita untuk tetap jatuh cinta," kata Fisher.

3. Jatuh cinta memperbaiki mood Anda
Suasana kantor terasa lebih menyenangkan, Anda lebih banyak tersenyum, dan kemacetan Jakarta menjadi tidak separah biasanya. 
Mereka yang jatuh cinta mengeluarkan zat kimia otak bernama dopamin, stimulan yang membuat Anda merasa bahagia, optimistis, dan sabar.
"Saat Anda berpacaran dengan orang yang Anda cintai, Anda akan selalu merasa bahagia," ujar Redford Williams, Direktur Behavioral Medicine Research Center, Universitas Duke.
Selain itu, jatuh cinta juga membuat tubuh Anda mengeluarkan oxytocin yang membuat Anda selalu merasa bahagia.

4. Jatuh cinta membuat Anda terlihat lebih muda
Orang yang jatuh cinta terlihat lebih muda dari mereka yang tidak. Mengapa? 
Hal itu karena oxytocin yang berada dalam tubuh mereka melepaskan DHEA, hormon antipenuaan yang memicu peremajaan sel dalam tubuh Anda.

5. Jatuh cinta membuat Anda panjang umur
Kabar baik bagi pasangan yang saling mencintai. Mereka akan lebih sehat dan berumur lebih panjang ketimbang rekan mereka yang jomblo.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Negeri Utah menemukan bahwa umur seseorang akan menjadi lebih panjang jika dia mendapatkan suntikan semangat dan rasa percaya diri dari tanggapan positif pasangan mereka.

Silahkan share / bagikan ke temen-temen ya sist, biar semakin banyak yang tahu dan tulisan ini menjadi lebih banyak bermanfaat.

0 Response to "Jatuh Cinta, Adakah Manfaatnya??"